Lalat rumah, salahsatu serangga vektor penyakit di sekitar kita

Catatan: Video courtesy Program Si OTAN Trans7, kerjasama dengan Lab. Entomologi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada

Penulis: Sukirno

Laboratorium Entomologi Fakultas Biologi UGM

Lalat rumah, Musca domestica, merupakah salahsatu serangga di sekitar rumah yang berpotensi menjadi vektor berbagai penyakit. Serangga ini termasuk dalam Ordo Diptera (memiliki dua pasang sayap, sayap posterior termodifikasi menjadi halter untuk keseimbangan). Serangga ini secara alamiah menyukai tempat-tempat kotor sebagai habitatnya untuk berkembangbiak dan makan, terutama tempat yang kaya akan bahan organik padat dan lembab.

Studi awal yang telah dipublikasikan menyatakan bahwa seluruh tubuh lalat banyak mengandung mikroorganisme, kecuali bagian sayap. Sayap lalat adalah bagian yang paling ‘bersih’ dari tubuh lalat, yaitu 10X lebih bersih daripada bagian tubuh yang lain. Untuk pengendalian, kita dapat memasang perangkap serangga yang dilengkapi dengan lampu ultraviolet atau fluoresens yang menarik lalat untuk datang dan hinggap. Selain itu penggunaan pewangi ruangan juga dapat mengurangi kunjungan lalat ruang atau rumah kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.